Inilah Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

MEMASAK.ONLINE, TANJUNG ENIMBawang bombay adalah salah satu bumbu wajib di banyak dapur di seluruh dunia. Tak hanya memperkaya rasa makanan, ada banyak manfaat bawang bombay untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan.
Pertama-tama, bawang bombay mengandung banyak air. Kandungan lainnya seperti serat, protein, lemak, natrium dan kalium memiliki banyak fungsi baik untuk tubuh. Segenap manfaat tersebut dapat kita peroleh dengan konsumsi yang rutin dengan porsi yang cukup. Khasiat bawang bombay sudah dirasakan sejak dulu di berbagai peradaban, mulai dari Mesir, India, dan Tiongkok.
Apa saja manfaat bawang bombay? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Menguatkan sistem imun tubuh

Bawang bombay mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Polifenol dapat membantu tubuh kita menghadang radikal bebas. Kandungan vitamin C dalam bawang bombay juga dapat membantu daya tahan tubuh dari berbagai macam virus. Lebih lanjut lagi, penelitian di University of Maryland Medical Center mengungkapkam bahwa ketika dikonsumsi mentah, bawang bombay mampu meminimalisir gejala alergi seperti gatal dan bersin-bersin.

2. Menstabilkan gula darah

Meski mengandung karbohidrat, salah satu bahan salad ini tidak memiliki banyak kalori sehingga dipercaya baik untuk penderita diabetes. Kandungan sulfurnya dapat membantu menurunkan gula darah. Selain sulfur, bawang bombay juga mengandung kromium yang berfungsi mengatur kadar gula darah.

3. Mencegah kanker

Salah satu manfaat bawang bombay adalah untuk mencegah kanker.
Salah satu manfaat bawang bombay adalah untuk mencegah kanker. (Foto: Shutterstock)
Manfaat bawang bombay selanjutnya adalah mencegah kanker tertentu seperti kanker prostat, usus besar, dan lambung. Sebuah studi di Universitas Boston mengungkap kandungan quercetindapat mengurangi risiko kanker. Penelitian mengenai manfaat ini diakui masih sangat sulit, karena biasanya bawang bombay disajikan sedikit dalam sajian makanan sehari-hari. Untuk pencegahan yang maksimal, dianjurkan untuk mengonsumsi 1-7 bawang bombay dalam satu minggu.

4. Memperlancar pencernaan

Kaya akan serat, bawang bombay dipercaya dapat membantu sistem pencernaan tubuh. Kandungan serat oligofructose pada bawang bombay dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus sehingga proses sekresi tubuh lebih lancar. Kamu bisa semakin sering nih, masak hidangan serba tumis dengan bawang bombay.

5. Menjaga mood

Bawang bombay yang dikaramelisasi dalam wajan.
Bawang bombay yang terkaramelisasi banyak dipakai di berbagai masakan. (Foto: Shutterstock)
dan stress bisa disebabkan oleh senyawa homosistein dalam tubuh. Senyawa ini menghambat sirkulasi darah dan gizi ke otak. Kandungan folat dalam bawang bombay dapat mencegah terbentuknya homosistein sehingga otak dapat ternutrisi dengan baik. Dengan begitu, otak akan lebih optimal dalam mengatur emosi.

6. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan jantung juga cukup populer. Bawang bombay dipercaya dapat menurunkan risiko serangan jantung. Penelitian dalam Jurnal Redox Biology mengungkap bahwa konsumsi bawang bombay dapat meningkatkan produksi oxylipins yang berfungsi mengatur kolesterol dan lemak.

Penyajian bawang bombay dapat beraneka macam, bisa dimasak ataupun dikonsumsi saat masih mentah. Usahakan untuk memilih bawang bombay yang masih segar. Simpan bawang bombay pada tempat dengan ventilasi yang baik dalam kondisi kulit yang belum dikupas. Jika kulitnya sudah dikupas, simpan dalam lemari es.
Meski belum ada yang mengungkap batasan konsumsi bawang bombay setiap harinya, usahakan untuk tidak berlebihan memakannya dalam satu hari. Kandungan karbohidrat pada bawang bombay dapat membuat perut kembung, khususnya bagi penderita gastritis akut. Jadi, mulai sekarang kamu juga menikmati manfaat bawang bombay untuk kesehatan selain juga jasanya dalam masakan.

Kepada Para Pembaca Blog Ini

Mohon Doa Dan Restunya Untuk Almarhum Anak Dan Keponakan Kami

Bismillahirohmanirohim

Ya Allah Ya Tuhan Kami Masukanlah Saudara Kami Bernama Richardo Al-Farozin Bin Herizon Ke Surgamu.

Berikanlah Saudara Kami Bernama Richardo Al-Farozin Bin Herizon Nikmat Kubur.

Berikanlah Saudara Kami Bernama Richardo Al-Farozin Bin Herizon Kebahagiaan, Kebaikan, Kedamaian, Dan Keindahan Di Alam Kubur Maupun Alam Akhirat Ya Allah.

Ampunilah semua dosa dosanya dan maafkanlah semua kesalahannya yang pernah saudara kami lakukan bernama Richardo Al-Farozin Bin Herizon selama hidup di dunia ini baik di sengaja maupun tak sengaja Ya Allah.

terimalah semua amal amal baik, amal amal sholeh, amal amal positif dan amal amal jariyah yang pernah saudara kami bernama Richardo Al-Farozin Bin Herizon lakukan ya allah selama hidup di dunia ini.

Ya Nabi Muhammad Ya Rosul Kami berikanlah syafaat yang baik buat saudara kami bernama Richardo Al-Farozin Bin Herizon di hari penentuan nanti.

Amin Ya Robbal Alamin

Loading...
settia
Share on Google Plus

About RBNS Movie

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment